Perusahaan Indonesia Menjadi Sponsor Sepakbola Dunia.
Asia menunjukkan pertumbuhan yang positif, termasuk Indonesia. Beberapa perusahaan pun mulai berani berpromosi lewat iklan di laga sepakbola luar negeri, demi menopang ekspansi bisnis mereka.
Menurut situs resmi premierleague.com, sekitar 80 stasiun televisi di seluruh dunia menayangkan liga dunia. Dengan kata lain, ada 680 juta permirsa menonton pertandingan itu.
Sementara soccernomics-agency.com menyatakan, penonton di stadion menyentuh kisaran angka 25 ribu hingga 75 ribu penonton. Dan, penikmat siaran liga di televisi nasional sekitar 70 juta pasang mata. Tentu saja ini menjadi pasar banyak perusahaan untuk berpromosi. Berdasarkan penelusuran Plasadana.com untuk Yahoo Indonesia, setidaknya ada lima perusahaan nasional yang beriklan di liga dunia:
1. Biskuat
|
Cesc Fabregas - Sebagai ikon produk Biskuat |
Lihat Juga:
Ai Ru Manajer Sepakbola Tercantik Di Dunia
Siapa yang tidak mengenal Biskuat? sebuah biskuit dengan rasa susu yang enak ini banyak di gemari anak-anak kecil, pihak Biskuat akhirnya memutuskan untuk mengundang Cesc Fabregas untuk ke Jakarta dan menjadi ikon produk makanan tersebut. Nampaknya slogan tersebut sangat erat terkandung dalam program terbaru Biskuat, biskuit pilihan anak Indonesia, dengan kecukupan asupan nutrisi, berfortifikasi dengan 9 vitamin dan 6 mineral, yang menantang anak-anak Indonesia untuk bertemu dengan salah seorang pesepakbola tersohor dunia. Dia adalah kapten di kesebelasan Arsenal dan salah seorang pemain tim nasional Spanyol, Cesc Fabregas.
Program Biskuat Laskar Fabregas ini adalah wujud aksi PT Kraft Foods Indonesia yang secara konsisten menanamkan pesan pantang menyerah dan jangan berhenti bermimpi bagi seluruh anak-anak Indonesia. Setelah sukses dengan Biskuat Laskar Pamungkas, mempertemukan anak-anak dengan idola nasional, maka saatnya Biskuat mengajak anak-anak Indonesia untuk menggapai mimpi yang lebih tinggi, bertemu dengan pesepakbola internasional, seperti diungkapkan Presiden Direktur PT Kraft Foods Indonesia, Steven Tan.
2. Dua Kelinci
Sejak 2011, PT Dua Kelinci berhak menggunakan dan memanfaatkan merek Los Blancos untuk kepentingan produk Dua Kelinci. Termasuk penggunaan logo dalam kemasan dan kemunculan para bintang Los Blancos dalam kegiatan komersial mereka.
Contohnya ketika acara Indonesia Menggiring Bola, perusahaan makanan ringan itu mengundang Luis Figo, pada 2011. Kemudian di 2012, mereka menyelenggarakan Indonesia Mengoper Bola dengan bintang tamu Xabi Alonso. Dan pada 1 Juni 2014, Dua Kelinci mendatangkan gelandang Real Madrid, Gareth Bale dalam acara Indonesia Menyundul Bola di Monas, Jakarta Pusat.
3. Garuda Indonesia
|
Liverpool Fc dan Garuda Indonesia (mamlakaindonesia.blogspot) |
|
Logo Garuda Indonesia dan Liverpool Fc (garuda liverpool. blogspot.com) |
Lihat Juga:
Kiper Joao Carlos Cetak Gol Bunuh Diri Paling Indah
Kala 9 Juli 2012, PT Garuda Indonesia Tbk menjadi maskapai resmi Liverpool. Penerbangan nasional itu pun mendapatkan hak iklan selama enam menit di papan promosi elektronik Stadion Anfield. Sementara di 27 Januari 2014, Garuda meresmikan kontrak baru dengan Liverpool.Imbalannya, logo Garuda bisa bertengger di seragam latihan klub kebanggaan kota pembuat Kapal Titanic itu selama dua musim, 2014/15 hingga 2015/16.
Kontrak itu tidak hanya memberikan hak penayangan logo Garuda Indonesa di jersey latihan. Juga penambahan durasi penayangan iklan elektronik di Stadion Anfield, menjadi delapan menit. Terakhir, keluar izin penerbitan kartu anggota dengan ragam program komersial Garuda bernama Garuda Indonesia-Liverpool Football Club. Kartu ini diperuntukan bagi pelanggan Garuda Indonesia dan suporter LFC di Indonesia.
4. Bintang Toedjoe
|
Pemain Machester City dan Extra Joss (unicindonesia.blogspot) |
Pada 16 April 2013, PT Bintang Toedjoe sebagai produsen minuman energi Extra Joss resmi bekerja sama selama dua tahun dengan klub sepak bola asal Inggris, Manchester City. Persekutuan itu menjadikan Extra Joss sebagai minuman eksklusif di Indonesia dan Lagos.
Kompensasi lain, bintang Citizen seperti David Silva, Sergio Aguero, dan Yaya Toure membintangi iklan Extra Joss. Walaupun tidak disebutkan nilai kontrak yang mereka sepakati, kerjasama itu diklaim menambah keuntungan Bintang Toedjoe.
5. Bank Danamon
|
Bank Danamon, Van Der Sar dan Manchester United |
Maret 2012, Bank Danamon resmi menjalin perjanjian kerja dengan klub sepakbola Inggris, Manchester United. Dengan kerjasama ini, Bank Danamon mendapatkan hak memasang logo Manchester United di kartu kredit. Lambang Bank Danamon pun bisa mejeng di situs resmi Setan Merah, sebagai sponsor finansial.
Kompensasi lain, Bank Danamon berhak mendatangkan pemain atau mantan pemain Manchester United. Seperti kiper legendaris Manchester United, Van Der Sar, pada pertengahan Juni 2012. Iklan Bank Danamon juga tampil di tepi lapangan Old Trafford.
6. Bank BNI
|
chelseafc.com |
Di 24 Maret 2012, PT Bank Negara Indonesia Tbk resmi bekerjasama dengan Chelsea FC. Awalnya, BNI dan The Blues bersekutu dalam co-branding payment card atau penggunaan lambang dan pemain Chelsea dalam kartu ATM, debet, serta kartu kredit.
Tahap berikutnya, BNI meningkatkan dukungan dengan menjadi sponsor kelas platinum. Sehingga logo BNI terpasang pada Stamford Bridge Stadion dan kandang Chelsea di London, selama pertandingan berlangsung.
7. Pertamina
|
PT Pertamina dan Ac Milan Logo (ok3news.blogspot) |
Pertamina nampaknya mulai menyadari, sangat penting untuk mengglobalkan brand-nya dengan menjadi sponsor klub sepak bola Eropa setelah di Formula 1 kalah pamor dengan Petronas.
Bidikan Pertamina jatuh pada AC Milan yang memang memiliki pendukung fanatik sangat banyak di Indonesia. Bahkan di sejumlah kota besar di Indonesia, terdapat cabang Milanisti yang dipimpin satu koordinator kota.
Sumber